Saturday, March 12, 2016

Penyebab Laptop Cepat Panas (OverHeat)

     Apa Penyebab Laptop cepat panas ?

     Memang ada beberapa faktor yang menjadi penyebab. memang wajar jika sebuah perangkat elektronik komponennya terasa panas seperti TV, Radio, Laptop, Komputer dll. namun kali ini saya akan membahas tentang Laptop.  apalagi jika digunakan dalam jangka waktu yang lama atau selama berjam-jam namun apabila panasnya terlalu over atau katakanlah panas banget itu sudah lebih dari wajar. misalnya seperti laptop teman saya baru nyala beberapa jam sudah panas banget. dan putaran kipas juga sangat kencang. kinerjanya pun serasa berat. nah hal seperti ini perlu segera ditangani apabila tidak bisa-bisa salah satu komponen laptop kita rusak.  lalu bagaimana cara mengatasi laptop cepat panas? untuk mengatasinya yang jelas kita harus tahu penyebabnya terlebih dahulu. mari simak



  Penyebab Laptop cepat panas dan cara mengatasinya
       ada beberapa faktor yang menyebabkan laptop cepat panas

1.         Laptop penuh debu
pasti tidak disangka-sangka jika ternyata setelah laptop dibongkar berisi banyak debu dan ketebalannya bisa mencapai 1 cm lebih. laptop penuh debu ini biasanya setelah pemakain kurang lebih 2 tahunan. cara mengatasinya dengan membongkar laptop dan membersihkan debu yang ada didalamnya. anda bisa ke bengkel laptop atau pergi ke ahlinya. jangan sekali kali membongkar sendiri jika belum berpengalaman.

2.         Kipas Processor tidak bekerja dengan baik
       hal ini berkaitan dengan point pertama yaitu laptop yang penuh debu bisa menyebabkan kipas processsor menjadi rusak/kinerjanya berkurang. karena debu yang mungkin menempel pada kipas bisa menjadikan kipas tersebut terhambat dalam berputar. atau mungkin juga kipas memang sudah rusak dan perlu diganti

3.         Main Game tidak aturan
Untuk main game memang ada laptop yang memang di khususkan untuk bermain game dan tentunya dengan speak khusus untuk main game juga.  saat main game yang terjadi pada laptop kita adalah kinerja hardware seperti CPU, RAM, VGA tentunya akan lebih bekerja keras.apalagi jika gamenya game yang besar seperti membutuhkan resolusi yang besar dll. dan karena saking bekerja kerasnya komponen komponen tersebut panas. jadi jika anda gamers sejati mending beli laptop atau komputer yang khusus buat game atau bisa juga menambah speak laptop yang anda miliki sehingga memenuhi standart untuk bermain game.

4.         Overclock yang berlebihan
       Overclock istilahnya yaitu memaksa laptop atau komputer bekerja lebih cepat dari standartnya. yaitu bisa dengan cara meningkatkan kecepatan CPU dengan pengaturan clock rate yang tinggi. dengan clock rate memang performa menjadi lebih cepat namun kendalanya komponen cepat panas dan apabila pendinginan tidak tepat bisa merusak komponen.

5.         Tempatkan laptop pada tempat yang datar
saat bermain laptop/menggunakan laptop banyak orang yang tidak mengerti. lantas mereka meletakkannya di tempat yang tidak datar seperti di kasur, sofa dll (tempat lembek) hal ini menyebabkan sirkulasi udara pada laptop menjadi tidak lancar. cari tempat yang datar

6.         Suhu Ruangan
suhu ruangan yang panas juga bisa menyebabkan sirkulasi udara pada laptop tidak optimal. alangkah baiknya jika berada pada tempat yang ber AC atau tempat terbuka yang suhu ruangannya tidak terlalu panas.

7.         Install software secukupnya
install software secukupnya saja/yang dibutuhkan apabila terlalu banyak bisa membebani laptop dan laptop  bekerja sangat keras dan bisa juga menyebabkan cepat panas.

No comments:

Post a Comment